Labels

6235 (2) Apple (1) autorun.inf (1) Bapak (1) Brick (1) cdma (2) clock (1) co.cc (1) Computer (2) Computer History (1) cvlu.exe (1) demam berdarah (1) Flexi (1) free software (1) herba (1) Indonesia (1) internet (3) Jam (1) komputer (1) laptop (1) malam pertama (1) nokia (2) olpc (1) PC (2) Perfect money (2) perusak (1) program (1) Rahma (1) registry (2) sarang (1) semut (1) speedy (1) tablet PC (1) Tips (2) Trik (2) virus (2) Windows (6)

Rabu, 12 November 2008

Program Perusak

Aku dulu pernah kursus komputer program Diploma 1 (D1) di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. IMKA namanya alias Institut Management Komputer Akuntansi. Tapi udah lama tempat kursusku itu tutup karena ada masalah keuangan, itu katanya, aku juga ga jelas.

Aku ambil jurusan Komputerisasi Akuntansi, mata pelajarannya Dos, Ws, Lotus, Pemrograman (dBase III+ & Basic), and tentu aja Akuntansi. (jadul banget ya) kira2 14 tahun lalu.

Basic, itulah salah satu bahasa pemrogramman yang digunakan, dengan bahasa tersebut, selain untuk membuat data base kita juga bisa menggunakan perintah-perintah Dos, lalu kita compile menjadi .EXE

Disini yang bahaya......


Karena jika source code nya sedikit, hasil compile file basic sangat kecil, ukurannya hanya dalam bilangan kilo byte saja dan bisa nyelip di mana-mana tanpa orang tahu.

Karena inilah saya menulis artikel ini, agar orang lebih waspada pada file ber-extention .EXE dan berukuran kecil.

Contoh penulisan kode2 berbahaya..

1. shell “del command.com”

Perintah tersebut akan menghapus file command.com pada dos, yang mengakibatkan komputer tidak akan bisa booting.

Cara mengatasinya, hanya dengan mengganti/mengcopykan file command.com dari komputer lain dengan operating system yang sama. Misal kalau kita pakai windows 98, kita juga harus mengcopykan command.com dari komputer lain yang menggunakan windows 98, pada tempat yang sama.

2. shell “deltree bla bla bla”

Ma’af, saya tidak bisa teruskan karena perintah tersebut dapat menghapus file-file penting dalam komputer, dan tidak etis rasanya untuk memberitahukan cara menghancurkan komputer orang lain.

Program ini akan lebih berbaya dari virus, karena program ini tidak terdeteksi oleh anti virus. ya... karena program tersebut memang bukan virus. Tapi daya rusaknya lebih besar dari sekedar virus. Biasanya orang yang membuat program ini di tujukan untuk sabotase dan dikirimkan via email.

So Beware with .Exe files

And semoga bermanfaat.

7 komentar:

hamdan mengatakan...

:-) nostalgia ya jar

fajarfauzi mengatakan...

kebetulan aku lagi buka buku-buku lama, and buka buku turbo basic.

Karena lagi mikirin virus yang ngerusak jadi inget program perusak yang pernah aku bikin dulu.

Intinya kalo kita bisa perintah dos, kita pasti bisa bikin program tsb.

Jangan di ikuti.....

hamdan mengatakan...

iya nih jar,

aku kmrn juga berfikir khawatir bila ada cracker masuk lewat jaringan, lalu ngeremote client2 di kantor, hacker/cracker khan bisa bekerja di belakang layar.

jar perintah ini juga cukup unik, bisa diketik dari command prompt atau dari start-run

Shutdown

atau

Shutdown -r

Btw, ente pernah ngebayangin ngga, SPAM tidak hanya masuk lewat email tetapi ke mesin FAX atau telpon?

tobe continue..

Anonim mengatakan...

Saya baca artikel fajar aja udah merinding tapi hamdan kok bisa bilang hacker bisa melalui mesin fax

Bagaimana caranya?

hamdan mengatakan...

wah nanti kalau dikasih tahu bisa habis nih kertas mesin fax kantor.. :-) becanda

Anonim mengatakan...

jepregorbenny
afbg

Anonim mengatakan...

Phichoreido
ad5d